Sabtu, 05 Februari 2011

SHIFTER LIGHT DI SATRIA FU150

biasa ini artikel hasil copy paste (hoby he..he.. :-) ). lumayan buat nambah referensi FU riders. jadi klo yg nanya jelas bgt gw ga tau ha..ha.. nah buat yg tau silahkan di share ya.. enjoy it!!
shifter-light-di-satria-fu
Ngiler lihat fitur shifter light di New Suzuki Satria F150? Suzuki menyebut fitur ini dengan nama Suzuki Mode Drive Switch System (SMDS). Berupa lampu yang akan berkedip pada rpm tertentu sebagai tanda untuk oper gigi. Karena bisa diatur pada rpm tertentu maka bisa digunakan untuk panduan berkendara yang ekonomis sekaligus powerfull.
Sebetulnya bisa saja kita memasang fitur ini di motor yang belum dilengkapi dengan fitur serupa New Satria F150. Karena sebelumnya part ini sudah familier di kalangan balap khususnya balap mobil, maka kita bisa dengan mudah mengadopsi racing part mobil untuk dipasang di motor. Ini seperti yang dilakukan Fernando dari GE Racing pada Satria F150 lawasnya.
“Saya pakai shifter light merek pivot, bekas teman yang dulu mobilnya dipakai turun drag race. Lumayan jadi ada panduan untuk oper gigi,” buka Fernando. Sebelum pasang mari kita lihat satu persatu partnya. Merek Pivot ini terdiri dari dua bagian utama. Yaitu, modul dan lampu.
Modul merek Pivot ini bertugas untuk membaca naik turunnya putaran mesin sekaligus mengubahnya menjadi sinyal yang kemudian diteruskan ke lampu. Ada beberapa macam cara membaca putaran mesin. Pada beberapa shifter light sama dengan takometer, cara membaca putaran mesinnya lewat naik turunnya frekuensi arus yang mengalir di kabel koil.
shifter-light-di-satria-fu-1
Sedang pada merek Pivot bisa mengambil arus positif dari mana saja. “Saya langsung sambungkan ke kabel klakson dan tetap langsung nyala tuh. Setahu saya hanya merek ini yang bisa, merek yang lainnya harus melalui kabel koil,” ungkap Fernando. Sedang part berikutnya adalah lampu. Jelas, lampu yang satu ini sebagai out put dari data yang dibaca oleh modul.
Setelah itu tinggal mainkan tombol settingan pada modul, suka-suka mau digeser pada rpm berapa. “Di modul ada setelannya. Saya patok di 9000 rpm,” lanjut pria berkulit hitam sambil menjelaskan semua shifter light mobil memiliki fitur yang tak jauh berbeda. Jadi mau pasang merek Pivot, HKS, Autogauge atau apa saja cara pasangnya hampir sama.
thx to :
Penulis/Foto: Popo
otomotif.net
for the article.

1 komentar:

  1. Titanium melting point | The Tithlon International - Titanium
    Titanium: The titanium i phone case Tithlon ecosport titanium International · This website uses cookies. titanium scrap price You agree to titanium trimmer as seen on tv this titanium straightener by using this page.

    BalasHapus