Jumat, 04 Februari 2011

1 bar 84km?

1 Bar = 84km???


satria4bTulisan ini g pernah niat buat dimasukin di blog, tapi buat sharing lumayan lah he..he..  buat yg percaya silahkan, dan yg g percayapun silahkan. karena saya sendiri pun g percaya.
Ceritanya gini,.setelah kurang lebih sebulan lembur terus menerus, hasrat buat solo touring udah g ke bendung dalam hati ini.. nah setelah kesempatan itu ada maka tanggal 14 kemaren yang katanya hari valentino rossi sy manfaatkan aja buat JJJ (jalan-jalan jauh he..he…).
Ok deh persiapan musti di lakukan (gerutu hati ini…) maka pas pulang kerja tepat Jumat jam 5 sore, aku cabut dari kantor… Week end I’m coming!!! teriak kenceng2 meski dalam hati. nyampe dirumah “c-boyot” didinginkan dlu sebelum diguyur pake air… istiraht ah bentar pikirku…
yup loncat jadi jam 7 malam… mulai tu motor di guyur pake air, dengan pnuh perasaan smua bagian kubersihkan biar besok jalan jauh makin pede karena motor kinlcong… tak lupa pula servis dikit2… mulai dari nyeting karbu, cek busi, melumasi smua bagian penting dengan mulitcare, stel kekencangan rantai dan tak lupa pula tekanan ban. terakhir karena masih banyak engine conditioner sy guyur ke lubang busi dan moncong karbu yg banyak. nah semaleman dah didiemin…
Kongkorongok….. (kalo orang sunda menggambarkan ayam jago berkokok pagi2). Hiat bangun tdur, solat subuh, olahraga pagi, mandi, sarapan telor ceplok, trus menghangatkan si boyot… pas dinyalain wuidih ada asap hitam kluar, (mungkin kmaren habis pake engine conditoner, jadi keraknya ke angkat)…  La lantas apa hubungannya m judul di atas, kok ceritanya panjang bener???
klo gitu kita lanjut biar nyambung m judul….
sebelum berangkat pergi dlu donk ke espebe-u buat bli pertamax.. aku isi pul teng si boyot.. sambil di cek KM di spido menunjukan angka 19259.5 (sudah 3 tahun tapi kok br segitu y he..he..) y udah berangkat cuy,… dengan mengucapkan basmallah (Bismillahirrohmaanirrohim) solo touring resmi dijalankan.. brum2 maka berangkatlah diriku seorang diri.  tujuanku pengin main ke pantai selatan.
dalam perjalanan, teknik urut gas, dan rpm kosntan tetep saya terapkan… rpm dipanteng di 5000 RPM dan kecepatan maksimal 60 kpj.. wajar lelet, kan niatnya jg menikmati situasi jalan yg berkelok-kelok mengikuti kontur tanah pegunungan.. disinilah cerita itu dimulai..
diawal kan sudah disebut Km di spido menunjukan angka 19259,5 km… setelah sekitar 1 jam si boyot berjalan dengan kecepatan konstan,. Bar penunjuk bensin masih aja penuh (5 strip), tanpa ada penurunan.. wah padahal sudah lumayan jauh nih speedo menunjkan angka 19301,4  berarti udah sekitar 41km lebih, biasanya baru 35 km jg udah habis 1 bar… heran pikirku… ah terus aja maju, karena perjalanan masih jauh…
akhirnya setelah 2 jam berjalan, sampe jg di pinggir pantai namun anehnya kok bar penunjuk BBM masih juga belum berkurang. y udah sambil coba-coba pikirku pake jalan2 bentar menyusuri jalan pinggir pantai sambil mata ini trus memperhatikan Km dan Bar BBm di speedo.. dan akhirnya fenomena itu muncul juga… 1 Bar hilang di angka 19343,3 KM.
Waduh,. heran, aneh, seneng smuanya muncul di pikiranku… berhenti sejenak. dari motor trus coba itung2 klo 343,3 Km dikurangi 259,5 Km berarti 83,8 Km… Ah bener g sih ini speedo, atau ngaco.. sambil trus berfikir dengan sedikit ekspresi muka nyengir karena seneng, saya mengambil kesimpulan “biarpun g akurat ternyata cara riding konstan dg kecepatan maupun putaran mesin minimalnya bisa membuat konsumsi BBm lebih irit”
Pasti banyak faktor yg mempengaruhinya selain faktor2 diatas, bahkan faktor speedo ngaco pun bisa menjadi penyebabnya ha..ha..
tapi karena penasaran, akhirnya aku catat lagi buat perjalanan pulang, dan hasilnya 1 bar di speedo habis di sekitar 50 km. Ini membuktikan bahwa 1 bar di speedo buakan 1 liter sperti kebanyakan pendapat saat ini.
Dari solo touring itu lumayan nambah2 pengalaman untuk lebih mengenal motor kita sendiri.
Dan yang pasti ada pelajaran yg bisa saya ambil, diantaranya:
1. Sayangi motor, bukan cuma keluarga dan pacar saja. trus perlakukan dengan baik
2. Persiapan semaksimal mungkin sebelum melaksanakan sesuatu. (cek sedetailnya)
3. Feeling dengan motor jadi lebih baik, contohnya kita tahu kapan motor minta ganti persneling dll.
percaya g percaya… tulisan ini dari pengalaman sendiri, ditulis dengan jujur tanpa rekayasa, sayangnya knapa speedonya g saya foto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar